Senin, 28 Desember 2015

Gaya Hidup Orang Kota Vs Orang Desa

Gaya Hidup Orang Kota Vs Orang Desa
(masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan)

Gaya hidup merupakan sebuah pengaplikasian dari pola fikir seseorang yang ditentukan oleh karakteristik yang terbentuk dan terbangun sejak lahir dan seiring interaksi sosial selama menjalankan siklus kehidupan. Hal yang berhubungan dengan gaya hidup yang paling sering di sorot masyarakat adalah gaya hidup masyarakat perkotaan dan perdesaan. Secara umum memang banyak perbedaan gaya hidup masyarakat perkotaan dan perdesaan, seperti pola fikir, pertimbangan, makanan, dan sifat
Dari pola fikir pada umumnya masyarakat perkotaan selalu mengikuti dan menerima perkembangan IPTEK, sedangkan masyarakat perdesaan agak kaku dengan perkembangan IPTEK. Berhubungan dengan makanan biasanya masyarakat perdesaan lebih memilih masak sendiri dengan pertimbangan lebih hemat sedangkan masyarakat perkotaan biasanya lebih sering mengkonsumsi junk food.
Ada beberapa  ciri-ciri masyarakat perdesaan pada umumnya yang mencolok
1.      Sederhana
2.      Mudah curiga
3.      Menjunjung tinggi norma-norma yang ada didaerahnya
4.      Menghargai orang lain
5.      Demokratis
6.      Religious
7.      Perasaan tidak percaya diri terhadap masyarakat kota
8.      Sosial dengan tetangga terkesan lebih dekat
9.      Lugas atau berbicara apaadanya

Beberapa ciri-ciri masyarakat perkotaan pada umumnya
1.      Orang kota terkesan individual “tidak terlalu tergantung kepada masyarakat sekitar”
2.      Jalan fikir rasional
3.      Hubungan kekeluargaan agak sulit di satukan karena perbedaan prinsip politik, agama dan sebagainya
4.      Kehidupan beragama pada umumnya tak sereligius masyarakat perdesaan
5.      Lebih percaya diri
6.      Pola fikirnya lebih terbuka atau maju
Tapi dari ciri-ciri tersebut tidak semua masyarakat seperti itu, terkadang ada juga masyarakat perdesaan yang pindah kekota yang masih menjaga prinsip-prinsip dan ada juga masyarakat perdesaan yang pindah kekota dan berusaha menyamakan gaya hidup perkotaan.
Ada juga hal lain yang biasa terlihat mencolok, masyarakat perdesaan biasanya lebih suka berbelanja kehidupan sehari-hari di pasar tradisional dan warung-warung. Sedangkan masyarakat kota lebih suka berbelanja di mall dan minimarket. Didaerah Sumatera barat sangat menentang perizinan untuk minimarket seperti indomaret dan sejenisnya karena mereka berfikir dengan adanya minimarket seperti itu di daerah summatera barat akan mematikan usaha-usaha warung-warung.


Referensi : https://lorentfebrian.wordpress.com/perbedaan-masyarakat-kota-dengan-masyarakat-desa/

1 komentar:

  1. Wah, tulisan yang menarik. Bisa juga berkunjung disini http://www.mawarmera.com/2019/04/gaya-hidup-orang-kota-yang-harus-kamu.html

    BalasHapus