Selasa, 13 Oktober 2015

Pengaruh Lingkungan Terhadap Pembentukan Karakter dan Kepribadian

Pengaruh Lingkungan Terhadap Pembentukan Karakter dan Kepribadian
(individu,keluarga dan masyarakat)


Lingkungan mempunyai peran besar dalam pembentukan karakter, lingkungan yang baik akan menghasilkan generasi yang baik dilingkungannya. Baik buruknya lingkungan sangat besar perannya dari oknum-oknum tertentu, seperti keluarga, teman sebaya dan masyarakat.

Keluarga sangat amat berperan penting dalam perkembangan anak yang nantinya sang anak akan terjun kedalam masyarakat guna kelangsungan hidupnya kelak. Keluarga mendidik bagaimana tingkah laku,sikap,dasar sosial dalam bermasyarakat serta bagaimana bersopan santun yang sangat amat penting dalam bermasyarakat

Keluarga merupakan sistem awal pembelajaran bagi anak untuk mengenal dunia beserta isinya. Biasanya seorang anak akan menirukan apa yang dilihat dan didengar dari keluarganya khususnya dimasa ia kecil. Contohnya sebuah keluarga yang selalu bertengkar, seorang ayah yang selalu melakukan KDRT hal itu bisa membuat karakter anak menjadi brutal atau akan takut untuk bersosialisi.

Jadi seharusnya dari sejak kecil seorang anak harus dijaga lingkungan dalam keluarga, orang tua harus bisa menempatkan segala sesuatunya, harus berusaha tidak mengeluarkan kata-kata kotor di depan anak, harus berusaha agar tidak bertengkar kepada anak, bisa dibilang ayah dan ibu sebisa mungkin bisa menjadi seseorang yang sempurna didepan anaknya agar sang anak bisa terjun kelingkungan masyarakat dengan akhlak yang baik

Teman sebaya merupakan kelas kedua bagi anak untuk pembentukan karakter, sebagian besar kita bisa melihat perubahan karakter seorang anak disaat ia masih didalam lingkungan keluarga dan disaat ia sudah bermain dengan teman-temannya kususnya teman-teman yang kurang bagus.
Seorang anak yang biasanya bersikap baik, tidak pernah berbohong dan tidak pernah melakukan kekerasan bisa seketika berubah disaat ia berteman dengan teman-teman yang bersifat seperti itu.

Saya mengambil contoh dari kehidupan saya sendiri, saya mempunyai beberapa keponakan, sebelum keponakan saya terjun kedunianya bersama teman-temannya, anak ini tidak pernah berllaku kasar kepada adeknya, tetapi setelah ia mulai bergaul dengan teman-teman nya yang agak kurang bagus lambat laut sikapnya berubah, ia mulai tidak sopan kepada adeknya, ia mulai bisa melawan perkataan orang tua dan sangat sulit diatur.


Tingkatan ketiga pembentukan karakter seorang anak akan dipengaruhi lingkungan hidupnya, anak yang dibesarkan dilingkungan yang kurang teratur seperti anak yang dibesarkan dilingkungan yang selalu tawuran akan membentuk generasi yang selalu tawuran. Contohnya disalah satu daerah di pulau Sulawesi yang selalu tawuran anatar kampung yang tak pernah berdamai dari generasi-kegenerasi, hal ini terjadi karena sang anak selalu melihat dilingkungannya terjadi tawuran dengan kampung sebelah, hal ini akan membuat seorang anak akan menanamkan didirinya mereka jika besar nanti mereka akan tawuran seperti geberasi sebelum mereka. Oleh karena itu disebuah perkampungan itu tidak pernah berdamai dari generasi-generasi sebelumnya yang selalu menciptakan kaderikader generasi muda untuk tawuran.


Reff : http://www.kompasiana.com/www.bsaja/pengaruh-lingkungan-terhadap-karakter-anak_55107a8ea333117c39ba844a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar